Selasa, 02 April 2013

Cara Membuat Souvenir Pernikahan

cara membuat souvenir pernikahan
cara membuat souvenir pernikahan
Bagi anda yang hanya memiliki budget terbatas untuk souvenir pernikahan anda, artikel ini akan memberikan beberapa cara membuat souvenir berbahan clay yang akan berguna untuk anda. Anda tidak perlu memesan atau membelinya di tempat lain karena anda bisa membuat souvenir pernikahan anda sendiri di rumah. Selain lebih menghemat biaya, cara ini tentu akan lebih membuat anda merasa puas karena desain dan bentuk souvenir bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Berikut ini adalah ulasan mengenai langkah-langkah serta cara membuat souvenir berbahan clay yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Persiapan Membuat Souvenir

Sebelum anda mulai masuk ke ulasan mengenai cara membuat souvenir pernikahan berbahan clay, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelumnya. Yang pertama adalah menyiapkan peralatan yang akan dipakai. Beberapa peralatan yang perlu anda persiapkan untuk membuat souvenir berbahan clay adalah kertas karton yang sudah dilaminating untuk digunakan sebagai alas pembuatan adonan clay, sedotan untuk membentuk mulut pada adonan, pipa paralon untuk menggiling adonan, gunting kecil untuk menggunting clay, tusuk gigi untuk mengoleskan lem, jarum pentul untuk membuat lubang kecil pada adonan clay, cutter atau pisau tajam untuk memotong adonan agar terlihat rapi, pinset untuk membantu anda memasang detail-detail souvenir yang berukuran kecil, tang untuk memotong kawat, baby oil untuk membuat tangan anda tidak lengket dengan adonan dan cetakan kue atau biskuit untuk membentuk pola pada adonan clay. Setelah berbagai macam  peralatan tersebut sudah tersedia, anda juga bisa menyiapkan beberapa bahan tambahan yang akan digunakan untuk membuat souvenir. Bahan tambahan ini bisa disesuaikan dengan jenis soouvenir apa yang akan anda buat. Misalnya jika anda ingin membuat souvenir berupa aksesori rambut, maka anda harus menyiapkan jepit rambut polos dalam jumlah yang sesuai dengan keinginan anda.

Langkah membuat Souvenir

Langkah berikutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara membuat adonan clay. Pertama-tama siapkan bahan dasar untuk membuat adonan clay, yaitu 100 gram tepung maizena, 100 gram tepung beras, 100 gram tepung tapioka, 2 sdm benzoat, 300 gram lem PVAc dan baby oil secukupnya. Kemudian, campurkan tepung tapioka, tepung beras, tepung maizena, benzoat dan lem PVAc menjadi satu. Uleni campuran tersebut sampai kalis. Setelah adonan mulai kalis, bubuhkan baby oil agar adonannya tidak lengket di tangan. Jika sudah jadi, simpan adonan tersebut dalam plastik yang dilaminating dan adonan telah siap untuk digunakan dan diubah menjadi berbagai macam souvenir pernikahan yang anda inginkan. Dalam pembuatan adonan clay, ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan. Pertama, jangan gunakan tepung yang sudah kadaluarsa. Kedua, jangan gunakan pewarna makanan untuk mewarnai clay karena akan menimbulkan jamur. Ketiga, jangan gunakan minyak goreng sebagai pengganti baby oil. Keempat, gunakan lem PVAc yang kental dan tidak cair serta jangan kurangi takarannya karena akan membuat clay menjadi mudah retak. Kelima, bila adonan agak kering, anda bisa menambahkan air dan kemudian mengulinya kembali agar permukaan clay yang sudah jadi tidak mudah retak. Yang terakhir, semprot adonan clay dengan vernis agar bisa bertahan lebih lama. Ulasan diatas ini adalah beberapa tips dan cara membuat souvenir pernikahan berbahan dasar clay yang bisa anda coba sendiri di rumah dengan kreativitas anda masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar